Cara Export Desain Dari Adobe Illustrator AI dan penjelasannya

Ricky Rahmat - Dalam dunia desain, export file hasil pekerjaan kita adalah akhir dari proses desain kita, tapi apakah hasil export kalian telah sudah maksimal? dalam hal ini pemula cukup kebingunan dalam hal exporting hasil kerja mereka, mereka kebingungan dalam mensetting sebelum di export.


Gambar diatas merupakan jendela Export, disini kita dihadapkan dengan beberapa settingan, seperti Select, Export to, dan Formats.


  • Select merupakan settingan untuk memilih berapa dan artboard apa saja yang akan di export, gambar diatas tertulis "1" yang berarti Artboard 1 saya yang akan di export (ya karena hanya ada 1 artboard saja)

  • Export to adalah settingan untuk menmpatkan file hasil Export kita, contohnya adalah saya akan menempatkan file hasil export saya pada "D:\PC\Adobe Illustrator\Hasil\Vanny". berarti desain kita berada di folder "Vanny". Open Location after Export merupakan opsi, jadi tidak wajib, jika kalian menggukana settingan tersebut maka setelah proses export selesai secara otomatis folder tempat hasil desain kalian akan terbuka. Create Sub-folders bisa kalian tandai jika kalian ingin menyimpan hasil desain kalian kedalam folder baru tanpa repor-repot membuat foldernya.

  • Formats dibagian ini kalian akan diberika opsi hasil untuk project kalian, seperti: 

scale, kalian akan diberikan pilihan 1x, 2x, 3x, 4x, maksudnya adalah kelipatan dari ukuran asli project kalian, contoh project kalian ukurannya 500px x 500px, jika kalian memilih 2x berarti 500px di kalikan 2 hasilnya 1000px X 1000px, dan begitu seterusnya.

Suffix, ini berfungsi untuk menambah tulisan pada file kalian, atau membedakannya, conton project kalian namanya "Artboard 1" dan kalian tulisan di Suffix "fix" berarti filenya menjadi "Artboard 1 fix"

Format,  pada baigan ini kalian akan diberikan pilihan format untuk project kalian, pilih sesuai kebutuhan kalian yaa.

+ Add Scale, merupakan settingan bagi kalian untuk mengexport project kalian dalam beberapa format sekaligus, seperti JPG, PNG, dan PDF
Export, jika kalian telah selesai mensetting format yang kalian inginkan, selanjutnya klik "Export Artboard", dan selesai! 

Akhirnyaaa, itulah cara beserta pengertian dalam mengexport project hasil buatan kalian, sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya. sekian artikel dari saya apa bila ada yang perlu ditanyakan silahkan menuju kolom komentar dibawah yaa.

Salam Budjang

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon

Protected by Copyscape